Tinggalkan komentar

Poster Propaganda Nazi pada Era Sebelum Tahun 1933 (Part 1)

 

Propaganda adalah suatu elemen terpenting dalam sistem pemerintahan Nazi Jerman. Ia memiliki Departemen Propaganda tersendiri di bawah wewenang Dr. Joseph Goebbles. Begitu banyak media yang digunakan oleh Nazi dalam menyebarkan propagandanya, salah satunya adalah poster.

Poster sebagai alat penyampai informasi memiliki keefektifan untuk menciptakan emosi visual para pembacanya. Jelas ini adalah suatu kelebihan jika dibandingkan dengan propaganda siaran atau dalam bentuk propaganda media lainnya. Berikut adalah bentuk-bentuk poster yang digunakan Nazi sebelum tahun 1933.

Image

Poster di atas mengumumkan pertemuan Nazi di Munich pada bulan Mei 1920. Hitler akan berbicara dengan topik “Apa yang kita nginkan?” teks di atas berbunyi, “Rakyatku, jangan percaya bahwa Jerman sedang dalam ketidakberuntungan dan penderitaan, negara yang korup, tanah yang dikorupsi Yahudi  dapat diselamatkan oleh partai yang mengklaim dirinya berdiri di atas fakta, jangan pernah!” (referensi Dr. Robert D. Brooks)

Image

Poster ini adalah tipikal awal poster Nazi pada tahun 1921. Poster Nazi yang pertama memiliki latar belakang warna merah cerah dengan begitu banyak teks. Poster di atas mengumumkan bahwa Hitler akan berbicara, menmberikan topik, dan mengingatkan bahwa Yahudi dilarang untuk ikut serta dalam pertemuan ini. Di dalam Mein Kampf, Hitler menulis, “Kami memilih warna merah untuk semua poster kami karena warnanya sangat jelas dan merupakan warna yang paling mencolok bagi musuh kita dan memaksa mereka untuk memerhatikan dan mengingat kita.”

Image

Poster di atas tampaknya bertahun 1924, masa ketika partai Nazi dilarang setelah insiden kudeta Beer Hall (Beer Hall Putsch). Poster ini berjudul “Kebebasan Jerman.” Tampaknya poster ini muncul dari salah satu anak partai Nazi yang ditugaskan untuk terus melanjutkan perjuangan pada saat induk partainya dianggap ilegal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Cerpen Koran Minggu

Kompas-Republika-Jawa Pos-Suara Merdeka-Koran Tempo-Media Indonesia

Ruang Penat

Sedikit berbagi cerita tentang bahasa Indonesia dan sekelumit tentang sastra

Rubrik Bahasa

Kumpulan artikel rubrik bahasa Indonesia dari berbagai media massa

Perjalanan Cinta

"Hamemayu Hayuning Bawono: Menata Keindahan Dunia"

pintarberbahasa.wordpress.com/

Cinta Bahasa Indonesia, Cinta Budaya Kita

Koiman

Menindas Sang Penindas

keshamotor

Just another WordPress.com site

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: